10 Tips Siap Hadapi Tes Masuk Perguruan Tinggi

SNMPTN atau SBMPTN adalah salah satu tes masuk perguruan tinggi dengan jalur tertulis. Setiap tahun, siswa tingkat akhir sekolah menengah atas harus melewati ujian ini untuk mendapatkan bangku di perguruan tinggi idamannya. Namun SNMPTN ini selalu menjadi momok yang menakutkan bagi semua calon mahasiswa di Indonesia. Hal ini menjadi sangat menakutkan karena adanya rasa takut gagal. Wajar saja hal ini terjadi karena berbagai faktor. Salah satunya karena tes ini berskala nasional sehingga begitu ketatnya persaingan yang ada. Menurut data kelulusan SNMPTN tahun lalu, calon mahasiswa tahun 2012 yang mengikuti jalur tertulis berjumlah 618.804 orang. sedangkan yang diterima di perguruan tinggi negeri di Indonesia sejumlah 123.225 orang. yang diterima hanya sejumlah 19,9 %. Angka ini memang sangat mengerikan terutama bagi anda para calon mahasiswa. Anda pasti bertanya-tanya kepada diri anda sendiri apakah bisa tembus sebagai pemenang dalam “kejuaraan” yang begitu luar biasa ini.

Anda sangat mungkin mendapatkan SNMPTN jalur undangan. Tapi sadarilah, bahwa tidak ada satupun orang yang bisa menjamin anda akan lulus lewat jalur undangan. Setinggi apapun nilai anda, itu tidak menjadi jaminan anda akan langsung diterima. Bahkan teman-teman saya bilang bahwa sebenarnya jalur ini bernama SNMPTN undian. So, we better to prepare for the worst, isn’t it? Artikel ini saya buat untuk anda para pejuang calon mahasiswa perguruan tinggi idaman yang sekiranya akan melalui jalur tertulis. Yang saya berikan bukan tentang bagaimana caranya agar diterima di perguruan tinggi idaman anda tersebut, ya kita kembali lagi bahwa yang menentukan hasil yang pasti bukan makhluk, tapi Allah. (sepakat kan?) Namun yang saya berikan hanyalah sekedar saran yang semoga bermanfaat untuk anda agar lebih siap menghadapi perjuangan besar ini.

Tips mempersiapkan diri menghadapi tes tertulis masuk perguruan tinggi :

1. Ikuti program super intensif yang tersedia di bimbingan belajar. Banyak sekali bimbingan belajar yang menyediakan fasilitas super intensif SNMPTN. Anda bisa memanfaatkan program ini agar belajar anda lebih ter-manage dengan baik dan efektif.

2. Latihan soal-soal SNMPTN sesering mungkin. Masalah yang paling sering terjadi adalah anda membeli banyak buku-buku soal, tapi buku itu terbengkalai. Maka mulailahuntuk menggunakan waktu-waktu luang anda dengan menghabiskan soal-soal SNMPTN. Kalau dulu saya mencoba untuk merasakan nikmatnya “membantai” soal-soal SNMPTN. (haha)

3. Jangan tunda-tunda untuk melengkapi pelajaran yang belum anda kuasai. Jika masih ada bab-bab pelajaran yang sekiranya belum anda kuasai, maka segeralah anda tanyakan kepada guru atau teman anda yang sudah menguasai. Jangan sampai masih ada pengetahuan yang bolong ketika hari-H SNMPTN. Termasuk kuasai konsep ilmunya, karena banyak soal SNMPTN yang memerlukan pemahaman konsep. Contohnya seperti rumus-rumus kimia atau rumus fisika, alangkah lebih baik anda memahami bagaimana menggunakan rumus itu dengan tepat. Itulah yang dinamakan memahami konsep pelajaran.

4. Jangan pelit mengajarkan ilmu yang kita bisa kepada teman. Karena mengajarkan ilmu yang kita bisa adalah cara belajar yang terbaik. Anda bisa mengulang pelajaran yang telah anda kuasai, dan bersedekah ilmu kepada teman anda yang meminta diajarkan.

5. Cari tempat dan waktu paling efektif untuk belajar. Agar anda tahu kapan dan dimana anda bisa menghabiskan waktu banyak untuk belajar dan menghabiskan latihan soal dengan senyaman mungkin.

6. Sering-sering mencari motivasi, hal ini dilakukan agar hati anda semakin mantap dan semakin kuat dalam perjuangan ini. Jangan ragu untuk sharing-sharing dengan senior yang sudah berpengalaman, dan jangan lupa untuk meminta motivasi. Karena masa-masa perjuangan yang sulit ini hati anda rentan untuk down jika tidak ada motivasi yang kuat dari diri sendiri dan orang lain.

7. Sering-sering ikut Try Out. Bedanya dengan sering latihan soal adalah anda bisa mengukur kemampuan anda dengan saingan dan nilai prediksi yang sesungguhnya. Tapi kalau nilai Try Out nya jelek, kan galau? Boleh galau, tapi jangan terlalu lama, cukup 5 menit saja. Kemudian anda harus tingkatkan lagi kemampuan anda. Ingat! galau cukup 5 menit saja.

8. Jangan biasakan membatasi berapa soal yang cukup anda kerjakan. Ini adalah hal yang menurut saya salah penyebab gagalnya orang lulus SNMPTN. Biasanya orang-orang berpikir “ah gw kerjain mate 6 soal aja, fisika kimia 5 soal aja, gw pol-polin di biologi”. Justru hal ini yang menyebabkan nilai anda bisa kecil. Kalau anda mengerjakan 5 soal, ternyata ada 2 soal yang salah, kan lebih kecil lagi nilainya. Lantas kalau anda bisa mengerjakan soal sebanyak-banyaknya secara yakin, kenapa tidak? Jadilah yang terbaik serendah apapun jurusan yang anda pilih.

9. Siapkan mental, terutama ketika hari-H ujian. Banyak sekali yang gagal dalam SNMPTN karena ia tidak kuat mental dalam menghadapi soal. Baru digertak nomor 1 soalnya susah saja, langsung bad mood saat tes. Kalau bad mood saat tes itu sangat rentan membuyarkan konsentrasi kita.

10. Berprasangka baik kepada Allah. Allah pasti membantu hamba-Nya yang sering meminta pertolongan kepadanya. Maka dekatkanlah diri anda kepada Allah. Mungkin anda tidak percaya apakah kemampuan anda cukup mampu meraih target anda itu. Namun jangan pernah ragu pada Allah, karena menjadikan anda masuk ke perguruan tinggi idaman anda adalah hal yang amat sangat kecil bagi Allah yang Maha Kuasa. Maka berdoalah “Ya Allah, dari sekian banyak orang, tunjuklah hamba sebagai orang yang beruntung untuk mendapat pendidikan di perguruan tinggi yang hamba inginkan.”:)

Yak, segitu aja tips-tips yang bisa saya bagikan kepada anda. Semoga bermanfaat dan memotivasi anda untuk terus berjuang. Semangat terus calon mahasiswa. Yang baca blog ini saya doain dipermudah jalannya untuk mencapai PTN impian. Aamiin. hhe

Terakhir, ada kata-kata dari ayah saya yang masih saya ingat sampai sekarang

“Saingan anda bukanlah teman-teman atau orang-orang yang ada disekitar anda. Anda tidak harus menaklukan mereka, taklukanlah kertas soal, maka anda akan menang dalam ujian.”

Referensi : Puspitarani, Margaret. Hanya 19,91% Peserta SNMPTN Lulus Ujian. (available on site) http://kampus.okezone.com/read/2012/07/06/373/659912/hanya-19-91-peserta-snmptn-lulus-ujian. Cited on : 7 Februari 2013, pk. 19.10.

sumber : https://simplegathering.wordpress.com/10-tips-siap-hadapi-tes-masuk-perguruan-tinggi/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s