Blog

kasus mirna

9 Fakta Mencengangkan Jessica Wongso

 27 Mei 2016 at 13:29 WIB

Credits (2)

Bintang.com, Jakarta Kasus kematian Wayan Mirna Salihin akhirnya menemui titik terang, pasalnya kini berkas dugaan pembunuhan Mirna telah dinyatakan lengkap atau P21 oleh Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. Mendengar hal ini tentu saja yang paling bahagia adalah keluarga Mirna, lalu bagaimana dengan Jessica Wongso, tersangka yang diduga telah menaruh racun sianida dalam kopi yang diminum oleh Mirna?

Sebelum berkas kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin dinyatakan lengkap, sebenarnya keluarga Jessica telah menyiapkan perayaan atas bebasnya Jessica. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh ketua RT 14 RW 02 Kelurahan Sunter Agung, Jakarta Utara, Paulus Sukiyanto kepada Liputan6.com.

“Padahal belum lama kan pemberitaan mengabarkan berkas kurang lengkap. Itu padahal kalau belum (lengkap) sampai tanggal 29 Mei 2016 Jessica sudah bebas. Sebagai RT dan Jessica yang merupakan warga saya, ya saya prihatin,” kata Paulus saat ditemui di kediamannya, Sunter, Jakarta Utara, Kamis 26 Mei 2016.

Tak hanya keluarganya, Jessica Kumala Wongso juga langsung menangis ketika mengetahui berkas perkara pembunuhan Mirna dinyatakan lengkap dan akan dipersidangkan oleh Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. “(Jessica) Sedih. Dia tahu (berkas P-21) dari ibunya tadi siang. Ini mungkin masih nangis-nangis,” ujar Penasihat Hukum, Jessica Hidayat Boestam, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (26/5/2016). Selain soal kelengkapan berkas kasus pembunuhan Mirna, inilah beberapa fakta mencengangkan Jessica Wongso.

10 Tips Siap Hadapi Tes Masuk Perguruan Tinggi

SNMPTN atau SBMPTN adalah salah satu tes masuk perguruan tinggi dengan jalur tertulis. Setiap tahun, siswa tingkat akhir sekolah menengah atas harus melewati ujian ini untuk mendapatkan bangku di perguruan tinggi idamannya. Namun SNMPTN ini selalu menjadi momok yang menakutkan bagi semua calon mahasiswa di Indonesia. Hal ini menjadi sangat menakutkan karena adanya rasa takut gagal. Wajar saja hal ini terjadi karena berbagai faktor. Salah satunya karena tes ini berskala nasional sehingga begitu ketatnya persaingan yang ada. Menurut data kelulusan SNMPTN tahun lalu, calon mahasiswa tahun 2012 yang mengikuti jalur tertulis berjumlah 618.804 orang. sedangkan yang diterima di perguruan tinggi negeri di Indonesia sejumlah 123.225 orang. yang diterima hanya sejumlah 19,9 %. Angka ini memang sangat mengerikan terutama bagi anda para calon mahasiswa. Anda pasti bertanya-tanya kepada diri anda sendiri apakah bisa tembus sebagai pemenang dalam “kejuaraan” yang begitu luar biasa ini.

Anda sangat mungkin mendapatkan SNMPTN jalur undangan. Tapi sadarilah, bahwa tidak ada satupun orang yang bisa menjamin anda akan lulus lewat jalur undangan. Setinggi apapun nilai anda, itu tidak menjadi jaminan anda akan langsung diterima. Bahkan teman-teman saya bilang bahwa sebenarnya jalur ini bernama SNMPTN undian. So, we better to prepare for the worst, isn’t it? Artikel ini saya buat untuk anda para pejuang calon mahasiswa perguruan tinggi idaman yang sekiranya akan melalui jalur tertulis. Yang saya berikan bukan tentang bagaimana caranya agar diterima di perguruan tinggi idaman anda tersebut, ya kita kembali lagi bahwa yang menentukan hasil yang pasti bukan makhluk, tapi Allah. (sepakat kan?) Namun yang saya berikan hanyalah sekedar saran yang semoga bermanfaat untuk anda agar lebih siap menghadapi perjuangan besar ini.

Tips mempersiapkan diri menghadapi tes tertulis masuk perguruan tinggi :

1. Ikuti program super intensif yang tersedia di bimbingan belajar. Banyak sekali bimbingan belajar yang menyediakan fasilitas super intensif SNMPTN. Anda bisa memanfaatkan program ini agar belajar anda lebih ter-manage dengan baik dan efektif.

2. Latihan soal-soal SNMPTN sesering mungkin. Masalah yang paling sering terjadi adalah anda membeli banyak buku-buku soal, tapi buku itu terbengkalai. Maka mulailahuntuk menggunakan waktu-waktu luang anda dengan menghabiskan soal-soal SNMPTN. Kalau dulu saya mencoba untuk merasakan nikmatnya “membantai” soal-soal SNMPTN. (haha)

3. Jangan tunda-tunda untuk melengkapi pelajaran yang belum anda kuasai. Jika masih ada bab-bab pelajaran yang sekiranya belum anda kuasai, maka segeralah anda tanyakan kepada guru atau teman anda yang sudah menguasai. Jangan sampai masih ada pengetahuan yang bolong ketika hari-H SNMPTN. Termasuk kuasai konsep ilmunya, karena banyak soal SNMPTN yang memerlukan pemahaman konsep. Contohnya seperti rumus-rumus kimia atau rumus fisika, alangkah lebih baik anda memahami bagaimana menggunakan rumus itu dengan tepat. Itulah yang dinamakan memahami konsep pelajaran.

4. Jangan pelit mengajarkan ilmu yang kita bisa kepada teman. Karena mengajarkan ilmu yang kita bisa adalah cara belajar yang terbaik. Anda bisa mengulang pelajaran yang telah anda kuasai, dan bersedekah ilmu kepada teman anda yang meminta diajarkan.

5. Cari tempat dan waktu paling efektif untuk belajar. Agar anda tahu kapan dan dimana anda bisa menghabiskan waktu banyak untuk belajar dan menghabiskan latihan soal dengan senyaman mungkin.

6. Sering-sering mencari motivasi, hal ini dilakukan agar hati anda semakin mantap dan semakin kuat dalam perjuangan ini. Jangan ragu untuk sharing-sharing dengan senior yang sudah berpengalaman, dan jangan lupa untuk meminta motivasi. Karena masa-masa perjuangan yang sulit ini hati anda rentan untuk down jika tidak ada motivasi yang kuat dari diri sendiri dan orang lain.

7. Sering-sering ikut Try Out. Bedanya dengan sering latihan soal adalah anda bisa mengukur kemampuan anda dengan saingan dan nilai prediksi yang sesungguhnya. Tapi kalau nilai Try Out nya jelek, kan galau? Boleh galau, tapi jangan terlalu lama, cukup 5 menit saja. Kemudian anda harus tingkatkan lagi kemampuan anda. Ingat! galau cukup 5 menit saja.

8. Jangan biasakan membatasi berapa soal yang cukup anda kerjakan. Ini adalah hal yang menurut saya salah penyebab gagalnya orang lulus SNMPTN. Biasanya orang-orang berpikir “ah gw kerjain mate 6 soal aja, fisika kimia 5 soal aja, gw pol-polin di biologi”. Justru hal ini yang menyebabkan nilai anda bisa kecil. Kalau anda mengerjakan 5 soal, ternyata ada 2 soal yang salah, kan lebih kecil lagi nilainya. Lantas kalau anda bisa mengerjakan soal sebanyak-banyaknya secara yakin, kenapa tidak? Jadilah yang terbaik serendah apapun jurusan yang anda pilih.

9. Siapkan mental, terutama ketika hari-H ujian. Banyak sekali yang gagal dalam SNMPTN karena ia tidak kuat mental dalam menghadapi soal. Baru digertak nomor 1 soalnya susah saja, langsung bad mood saat tes. Kalau bad mood saat tes itu sangat rentan membuyarkan konsentrasi kita.

10. Berprasangka baik kepada Allah. Allah pasti membantu hamba-Nya yang sering meminta pertolongan kepadanya. Maka dekatkanlah diri anda kepada Allah. Mungkin anda tidak percaya apakah kemampuan anda cukup mampu meraih target anda itu. Namun jangan pernah ragu pada Allah, karena menjadikan anda masuk ke perguruan tinggi idaman anda adalah hal yang amat sangat kecil bagi Allah yang Maha Kuasa. Maka berdoalah “Ya Allah, dari sekian banyak orang, tunjuklah hamba sebagai orang yang beruntung untuk mendapat pendidikan di perguruan tinggi yang hamba inginkan.”:)

Yak, segitu aja tips-tips yang bisa saya bagikan kepada anda. Semoga bermanfaat dan memotivasi anda untuk terus berjuang. Semangat terus calon mahasiswa. Yang baca blog ini saya doain dipermudah jalannya untuk mencapai PTN impian. Aamiin. hhe

Terakhir, ada kata-kata dari ayah saya yang masih saya ingat sampai sekarang

“Saingan anda bukanlah teman-teman atau orang-orang yang ada disekitar anda. Anda tidak harus menaklukan mereka, taklukanlah kertas soal, maka anda akan menang dalam ujian.”

Referensi : Puspitarani, Margaret. Hanya 19,91% Peserta SNMPTN Lulus Ujian. (available on site) http://kampus.okezone.com/read/2012/07/06/373/659912/hanya-19-91-peserta-snmptn-lulus-ujian. Cited on : 7 Februari 2013, pk. 19.10.

sumber : https://simplegathering.wordpress.com/10-tips-siap-hadapi-tes-masuk-perguruan-tinggi/

jalan-jalan ke Sumbar

Jalan-Jalan ke Sumatera Barat

Saat musim libur lebaran tiba, banyak orang menyempatkan diri pergi berlibur bersama keluarga besarnya. Momen yang untuk sebagian orang mungkin hanya dirasakan setahun sekali, kumpul sama keluarga besar dan pergi jalan-jalan ke suatu tempat. Termasuk bagi saya dan keluarga.:)

Tahun ini, karena kami semua berlebaran di Pekanbaru, kami memutuskan untuk jalan-jalan ke Sumatera Barat. Hihihi so mainstream, ya? Hampir semua orang yang berlebaran di Pekanbaru dan sekitarnya pasti akan menuju Sumatera Barat, khususnya Bukit Tinggi untuk berlibur. Empat tahun silam, saya dan keluarga pernah ‘memaksakan’ diri jalan-jalan ke Bukit Tinggi di hari raya kedua. Alhasil kami sampai bermalam di sebuah masjid di Bukit Tinggi dan stuck di jalan selama berjam-jam sampai mobil mogok karena kepanasan hihihi.

Ya, Bukit Tinggi di peak season sebaiknya dihindari.

Nah, trus kemana lagi dong kalo bukan ke Bukit Tinggi? Well, Sumatera Barat tidak hanya Bukit Tinggi loh.:) Meskipun untuk sebagian orang kayanya gak afdol ya kalo ke Sumatera Barat gak berpose dulu di jam gadang hihihi. Tapi percayalah, ada banyak destinasi wisata lain yang wajib kalian kunjungi di Sumatera Barat.

Salah satunya adalah yang menjadi destinasi utama saya dan keluarga di perjalanan kali ini. Istana Baso Pagaruyung di Batusangkar dan Danau Atas Bawah di Solok.:)

Saya dan keluarga berangkat dari Pekanbaru sekitar jam 9 pagi. Karena tujuan utama adalah Batusangkar, jadi dari Payakumbuh kami akan langsung menuju Baso. Tidak melewati Bukit Tinggi karena berdasarkan info yang saya dapatkan, akses masuk Bukit Tinggi superrr macet. Walaupun tujuan utama kami bukan ke Bukit Tinggi, bukan berarti jalanan lancar jaya ya. Jalanan cukup padat di beberapa titik, terutama di area yang dekat dengan tempat wisata dan SPBU (yes, di mana ada SPBU di situ ada antrian panjang yang mengular).

Jika berangkat dari Pekanbaru, sekitar 30 km sebelum memasuki Payakumbuh, kita akan ‘bertemu’ dengan the famous Kelok Sembilan. Jalan yang berkelok-kelok sebanyak 9x ini memang menjadi salah satu spot pemberhentian yang paling banyak diminati. Terlebih sejak jembatan layang yang dibangun dari tahun 2003 silam, telah diresmikan tahun lalu. Kita bisa berhenti di Kelok Sembilan ini untuk berfoto sambil menikmati kemegahan jembatan layang. Di sepanjang jalan juga ada banyak pedagang kaki lima yang berjualan jagung bakar, pop mie, dan minuman dingin. Bisa sekalian jajan-jajan lucu deh hihihi.

Well, sayangnya, pengunjung masih kurang sadar diri untuk menjaga kebersihan areal pemberhentian Kelok Sembilan ini. Karena saya menemukan banyak sekali sampah jajanan yang dibuang sembarangan.😦 Dari segi keamanan juga masih minim, karena di tebing yang menjadi spot foto paling kece, tidak disediakan pagar pembatas sehingga sangat riskan tergelincir jika kita tidak hati-hati.

3 DSC07223 DSC07229Setelah puas berfoto dengan pemandangan Kelok Sembilan yang menawan, saya dan keluarga pun melanjutkan perjalanan. Di sepanjang perjalanan dari Payakumbuh menuju Batusangkar, banyak pemandangan gunung dan sawah yang menyegarkan mata. Di kiri dan kanan jalan yang terlihat hanya warna hijau yang bikin mata adem!:)

DSC07512Perjalanan dari Pekanbaru ke Batusangkar memakan waktu kurang lebih 10 jam. Itu sudah termasuk beberapa kali berhenti makan siang, sholat zuhur dan jalan yang padat merayap.:) Karena sampai di Batusangkar sudah malam, rencana ke Istana Baso pun diundur jadi keesokan harinya. Cerita tentang Istana Baso bisa dibaca di postingan ini ya. Yang pasti, buat yang penasaran ingin tau tentang apa isi di dalam rumah gadang, harus banget masuk ke dalam Istana Baso Pagaruyung ini.😉

DSC07358Dari Istana Baso, kami melanjutkan perjalanan menuju Danau Atas Bawah di Solok. Di sepanjang perjalanan dari Batusangkar menuju Solok, kami melewati Danau Singkarak. Dengan latar belakang Gunung Singgalang, Danau Singkarak yang merupakan danau terluas kedua di Sumatera ini terbentang sepanjang kurang lebih 20 km di dua kabupaten yaitu Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. (Info : Wikipedia).

DSC07640Di sepanjang Danau Singkarak ini terdapat banyak pedagang Ikan Bilih. Ikan ini berasal dari Danau Singkarak. Saat membeli ikan bilih harap berhati-hati, karena berdasarkan info dari salah seorang teman, ikan bilih yang dijual di sepanjang Danau Singkarak ternyata ada yang dibawa dari Sumatera Utara. Ikan bilih yang dibawa dari Sumatera Utara ini rasanya agak pahit dan biasanya dijual dalam keadaan sudah setengah digoreng. Ukurannya juga lebih besar daripada ukuran ikan bilih asli Danau Singkarak.

Unfortunately, kemarin saya salah beli ikan karena ikan yang saya beli ketika digoreng rasanya pahit hiks. Padahal kalo kata teman saya, ikan bilih yang asli jika digoreng tidak akan pahit rasanya.😦

DSC07645Ikan Bilih Danau Singkarak. Dicurigai ini yang dari Sumatera Utara. Harganya Rp 140.000 per kg.

Perjalanan ke Danau Atas Bawah atau yang lebih dikenal dengan Danau Diateh dan Danau Bawah memakan waktu kurang lebih 1,5 jam dari pusat kota Solok. Kedua danau itu berada di Kawasan Danau Kembar, kabupaten Solok. Danau ini berada di dataran tinggi, oleh karena itu di sepanjang jalan menuju kawasan wisata ini, kita akan melihat hamparan kebun teh yang berwarna hijau dan beragam sayuran segar yang dijajakan di pinggir jalan.

DSC07532Waktu yang tepat untuk mengunjungi kawasan wisata Danau Kembar ini menurut saya adalah siang hari. Karena di sore hari, kabut sudah turun dan jarak pandang sangat terbatas. Untuk menikmati pemandangan Danau Diateh dan Danau Bawah, kita bisa mampir ke Panorama Kawasan Danau Kembar. Biaya masuknya Rp 5.000 untuk orang dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak.

Kedua danau ini dinamakan Danau Kembar karena konon jika dilihat dari atas, danau ini seperti dua buah danau yang bentuknya serupa dengan posisi yang bersebelahan. Jika ingin melanjutkan perjalanan, kurang lebih beberapa km lagi (ke arah Alahan Panjang) kita bisa sampai ke pinggir danau Bawah. Dari kejauhan sudah terlihat birunya air danau dan tingginya pohon pinus yang berdiri kokoh di sepanjang tepi danau. Sayangnya saya tidak sampai ke sana karena hari yang sudah sore dan berkabut.

Well, menurut saya waktu yang tepat untuk mengunjungi kawasan wisata ini adalah di pagi dan siang hari. Karena di sore hari kabut sudah turun dan jarak pandang sangat terbatas. Saya sampai di Panorama Kawasan Danau Kembar sekitar jam 5 sore dan yang terlihat hanyalah kabut dimana-mana.

1Oh ya, untuk penginapan, katanya sih ada penginapan di sekitaran danau ini. Ratenya saya kurang tau berapa. Tapi penginapan di sana kurang direkomendasikan karena kondisi air kurang lancar di sana. Air di danau ini memang tidak dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari karena mengandung belerang yang cukup tinggi. Karena pertimbangan itulah akhirnya saya menginap di kota Solok.

Nah, jika sudah sampai di kota Solok, jangan lupa singgah untuk sholat di Masjid Agung Al-Muhsinin Solok. Masjid ini terletak di jalan Datuk Perpatih, kota Solok. Masjid Agung Al-Muhsinin ini diresmikan tahun 2011 setelah dibangun kembali karena sempat hancur saat gempa bumi melanda Sumatera Barat tahun 2006 silam. Masjid dengan bangunan yang baru saat ini sangat megah dan benar-benar indah. Kebersihan masjid juga sangat dijaga. Saat pagi hari saya sampai di masjid itu, terlihat beberapa petugas berseragam yang sedang membersihkan Masjid Agung Al-Muhsinin.

Saat memasuki ruang utama yang menjadi areal sholat di Masjid Agung Al-Muhsinin ini, saya seketika merasa merinding melihat kemegahan masjid ini. Ruang sholat yang begitu besar dan dibuat tanpa sekat dengan lantai parket yang indah benar-benar membuat saya terdiam di salah satu sisi masjid memandangi keindahan interior masjid ini. Ah, sungguh saya jatuh cinta sama Masjid Agung Al-Muhsinin ini.:)

2 DSC07606 DSC07610Well, dari rangkaian perjalanan singkat ini, saya bisa mengatakan dengan yakin bahwa ya, Sumatera Barat memiliki potensi lokal di bidang pariwisata yang begitu mengagumkan. Semua pilihan wisata ada di sana. Tinggal tentukan saja ingin ke mana.

Mau melihat hamparan kebun teh dan merasakan sejuknya udara pegunungan? Bisa ke kawasan Danau Kembar di kabupaten Solok.

Mau mengintip isi di dalam rumah gadang? Bisa kunjungi Istana Baso Pagaruyung di Batusangkar.

Mau bermain di pantai? Bisa ke Padang dan Pariaman.

Mau melihat tebing yang menjulang tinggi? Lembah Harau di Payakumbuh yang jadi jawabannya.

Mau berpose di iconnya Sumatera Barat? Ya silahkan meluncur ke Jam Gadang di Bukit Tinggi.

Mau berwisata kuliner? Ah, ada banyak restaurant atau tempat makan yang bisa didatangi di Sumatera Barat. Tidak akan ada yang menandingi kelezatan masakan Padang kan?😉

Jalan-jalan di Sumatera Barat tidak akan cukup hanya dalam waktu beberapa hari saja. Semoga lain kali saya bisa ke sana lagi dan bisa mengeksplor sisi lain Sumatera Barat ya.:)

Kamu sendiri pernah jalan-jalan ke Sumatera Barat? Share ceritanya, dong!😉

Seni di HIMATIKA

Himatika unp adalah salah satu himpunan mahasiswa terbaik FMIPA, karena mahasiswa matematika tidak hanya berkutik dengan angka, tetapi mereka juga selalu sukses mengadakan acara yang sudah menjadi proker kerja HIMATIKA. Salah satu proker kerjanya adalah mengadakan acara pentas seni yang diangkatkan oleh divisi MIBA( Minat Bakat ). Di dalam pentas seni ini mahasiswa matematika di perbolehkan berpatisipasi mempertunjukan bakat mereka dalam bentuk apapun baik itu tari, solo song, vokal group, band, randai, dll.

Acara pentas seni yang diadakan tanggal 14 mei 2016 kemaren mempertunjukan banyak macam tari dan pertunjukan-pertunjukan yang membuat mahasiswa matematika cukup terhirbur, dan sulit untuk. Pertunjukan-pertunjukan yang ditampilkan adalah:

1. Tari pasambahan
Tari ini merupakan tari untuk menjamu atau menyambut tamu penting, seperti rektor, dekan, atau petinggi-petinggi lainnya. Tari ini selalu ada di dalam semua acara di Sumatera Barat. Biasanya tari ini di mainkan oleh ± 7 orang, 3 orang berperan sebagai pembawa carano ( benda yang digunakan untuk membawa barang sebagai penghormatan / penyambutan terhadap petinggi ). Tari ini sangat penting di setiap kegiatan, karena tari ini di gunakan untuk menyambut tamu penting.

Image result for tari pasambahan

2. Tari 3 warna
Kenapa tari dinamakan tari 3 warna?, karena tari ini merupakan gabungan 3 tari khas Sumatera Barat, yaitu terdiri dari tari Urak Langkah, Tari Alam Babega, Tari. Tari ini merupakan salah satu tari yang sangat menarik perhatian penonton, karena tari 3 warna ini merupakan gabungan dari tari yang terkenal di Sumatera Barat.

3. Band
Band ini dimainkan oleh mahasiswa matematika dari angkatan 2013-2015, yang menjadi penyanyi bukan hanya dari mahasiswa matematika tetapi dosen yang hadirpun boleh berpatisipasi, sehingga acaranya menjadi lebih menarik, karena sebelumnya mahasiswa matematika belum pernah melihat dosen-dosen mereka bernyanyi di atas panggung.

4. Vokal group
Vokal group ini ditampilkan oleh mahasiswa matematika angkatan 2013. Mereka bernyanyi diiringi dengan baground yang menceritakan perjalan perkuliahan mereka yang mereka jalani bersama-bersama sebagai satu keluarga. Penampilan vokal group ini sangat menyentuh para penonton yang larut dalam pertunjukan mereka.
Sebenarnya masih banyak lagi pertunjukan yang ditampilkan pada pertunjukan Pentas Seni 2016 ini, akan tetapi karena banyaknya pertunjukan yang ditampilkan maka penjelasannya tidak bisa dijabarkan secara keseluruhan. Pentas Seni 2016 adalah hiburan yang jarang diadakan oleh mahasiswa matematika, khususnya karena mahasiswa matematika adalah mahasiswa yang di haruskan berkutik dengan angka dan sains. Jadi diharapkan acara ini bisa selalu diadakan setiap tahunnya, dan menjadi hiburan yang menyenangkan hati mahasiswa matematika.

Tips Selalu Sehat & Bugar Saat Puasa Ramadhan

Tips Puasa Tetap Kuat & Sehat Di Bulan Ramadhan — Bulan Ramadhan telah datang, seringkali kita mendapati suasana bulan puasa identik dengan pemandangan orang-orang yang lemas dan tidak bersemangat. namun bila kita perhatikan, ada segelintir orang yang walau berpuasa namun tetap bugar, apa ya rahasianya?

 

puasa vs puasa juga lazada indonesia2

Alangkah nikmatnya dikala melakukan ibadah mulia ini (berpuasa) kita tetap dapat menjalani aktifitas sehari-hari dengan kondisi yang segar bugar. Bagi sebagian orang yang dalam keseharian puasanya bermalasan dirumah atau tidur mungkin tidak terasa berat, namun bagaimana dengan kita yang rutin bekerja seharian pada saat menahan haus dahaga? Ini dia tips untuk berpuasa tetap bugar selagi produktivitas kerja juga tetap maksimal.

 

Ketika Sahur

  • Ketika sahur sebaiknya hindari makanan yang manis atau terlalu banyak gula, karena asupan makanan/minuman yang manis akan menyebakan tubuh yang lemas pada siang hari saat berpuasa.
  • Paling baik ketika sahur adalah meminum susu, karena susu akan mencegah anemia yang menyebabkan badan lemas pada siang harinya.
  • Menu yang disajikan sebaiknya yang mengandung air yang banyak atau buah sekalian sehingga tubuh tidak dehidrasi parah saat berpuasa nanti. Kurma juga dapat membuat tubuh bugar seharian.
  • Bila tidak menyukai buah saat sahur, meminum jus buah saja pun cukup baik untuk kelancaran BAB.
  • Sebaiknya hindari fast-Food, gorengan atau makanan pedas saat sahur karena akan mengganggu pencernaan pada siang harinya.

 

Saat Berpuasa

  • Kerjakan tugas-tugas Anda dengan perlahan tapi pasi. Jangan menumpuk pekerjaan yang dapat membuat stress, karena stress juga menyebabkan otak lelah dan akhirnya perut terasa lebih lapar.
  • Istirahatlah sejenak, bila pada saat jam istirahat lebih baik Anda pakai untuk tidur sejenak, setalah sholat zuhur adalah waktu terbaik untuk tidur sejenak. Tidur selama 15 menit saja sudah dapat membangkitkan kembali semangat.
  • Melakukan olahraga ringan seperti peregangan atau berjalan kaki saat berpuasa sangat disarankan. Selain membantu menjaga berat badan, olahraga juga berfungsi untuk memperlancar peredaran darah dan menjaga kebugaran tubuh anda.

 

Waktu Berbuka

  • Segerakan berbuka, namun jangan kalap. Setelah berbuka dengan yang manis, dahulukan sholat Magrib agar perut tidak kaget, barulah makan makanan kesukaan Anda!
  • Jika kebetulan Anda berbuka dijalan, jangan lupa menyiapkan ta’jil dari sebelum Anda berangkat pulang ya. Kurma adalah makanan ta’jil terbaik untuk membatalkan puasa.

sumber : http://blog.lazada.co.id/tips-selalu-sehat-bugar-saat-puasa-ramadhan/

Janjang Koto Gadang


Melihat kemegahan Great Wall tak perlu jauh-jauh ke China. Kota Bukittinggi di Sumatera Barat juga punya, Janjang Koto Gadang namanya. Inilah tempat wisata baru di Sumatera Barat yang membawa Anda serasa di Tembok China.

Janjang Koto Gadang menghubungkan kawasan Bukittinggi dan Agam. Dilongok dari situs resmi Pemerintah Sumatera Barat, Kamis (25/7/2013), objek baru ini menambah ikon bagi pariwisata di Sumatera Barat.
Great Wall ala Sumatera Barat ini memiliki panjang sekitar 1 km. Karena menghubungkan dua tempat, ada dua pintu masuk bagi traveler yang ingin menapakkan kaki di tembok raksasa ini.
detikTravel pun sempat berkunjung ke tempat wisata baru ini beberapa waktu lalu. Dari Bukittinggi,wisatawan bisa masuk lewat pintu yang letaknya tak jauh dari Lobang Jepang. Dari sana, wisatawan akan melalui jalan yang menurun.
Siap-siap terpana dengan pemandangan yang disuguhkan. Mata Anda akan dihadapkan dengan kegagahan Ngarai Sianok, persawahan dan tebing-tebing gahar.

Jeprat! Jepret! Jangan sia-siakan kesempatan untuk mengabadikan momen lewat jepretan lensa kamera. Berposelah layaknya berada di Great Wall China.
Selain itu, di sana ada juga jembatan gantung dan anak tangga yang tinggi. Beberapa titik pun disiapkan pos-pos, untuk tempat beristirahat sambil menikmati pemandangan sungai, sawah, dan tebing. Memang, perlu stamina kuat untuk menjelajahi tempat ini.
Jika ingin menuntaskan perjalanan Janjang Koto Gadang ini, sebaiknya traveler menyiapkan air minum. Jarak tempuh sejauh 1 km akan membuat tenggorokan Anda meronta kehausan.
Terlebih, medan yang ditempuh cukup menantang. Anda harus trekking di jalur yang mendaki dan menurun. Jika sekira tidak kuat, sebaiknya cukup jelajah setengah perjalanan saja.